![]() |
Patung Ibnu Rusd di Spanyol sebagai bentuk penghargaan |
Pada abad pertengahan ,ketika abad 5 – 8 M
sebagian besar Erop berada dalam abad kegelapan-atau lebih menyeramkannya Abad
Kacau,kesempatan ini di ambil oleh Imperium Timur –jika kita menolak istilah
Imperium Islam,atau lebh tepatnya istilah yang digunakan oleh Mrshall Hodgson
yaitu Imperium dari Oksus sampai Nil- dengan semangat keagamaan yang mendukung
pada terjadinya peningkatan kultur ilmiah dan didukung oleh semakin stabilnya
politik Imperium inii menjadikan gairah ilmiah ini tumbuh dan berkembang menjadi
Imam bagi peradaban yang sedang tertidur.
Ada suatu kesayangan ketika akhir abad ini terjadilah suatu pertentagan yang menurut Nurcholis Madjid di latar belakangi
oleh keadaan politis.Pertentangan itu walaupun akar akarnya dapat dirunut pada
masa awal Imperium ini didirikan,tapi mendapat tempatnya ketika kekacauan
politik melanda Imperium Timur.Terlebih lagi gempuran gempuran dari eksternal
terus melanda.Perang Salib yang terus menerus secara tidak langsung telh ikut
mempengaruhi terjadinya polititsasi kultur ilmiah yang ada dan penggunaan
kekuasaan ke Khalifahan yang tidak lagi efisisen menjadikan emanagt imu hampir
tercerabut dari akarnya.Pertentangan ilmu dan agama menjadi topik hangat yang
sedap,Kekecauan politis memperkeruhnya.Kemenangannya dicapai oleh pihak agama
di dunia Timur.Salah satu pertentangan yang amat terkenalnya adalah saling
menyerangnya antara Al hozali dan Ibnu Rusyd melalui argumen argumennya.
Pertentangan ini dimulai ketika Al Ghozali
tampil dengan ke tidak sukaanya atau lebih tepatnya ke sungkaannya pada
filsafat atau semua pengetahuan yang bertumpu pada akal dan menemukan kebenaran
yang sejati pada doktrin doktrin tashawwuf yang lebih bersifat intuitf dan
menekuni filsafat secara otodidak selama 2 tahun sampai akhirnya menyerang para
pemikir rasional yang dikenal dengan para filsof melalu bukunya Kerancuan Para
Filsof.
20 tahun kemudian setelah wafatnya Al Ghozali
di Kordoba,Spanyol,lahir seorng bayi yang dinamakan Abul Walid dan masyhur
dikenal sebagai Ibnu Rusyd yang berusaha kembali untuk menampilkan kekuatan
akal dan gairah keilmuan di kalangan Timur.Karena pergaulannya yang luas dan
keprihatinannya yang mendalam terhadap degradasi kultur ilmiah,Ibnu Rusud yang
menekuni filsafat tampil mengkritik Al Ghozali dan membantah serangan Al
Ghozali melalui karyayanya Kerancun
dalam Kerancuan Para Filsof dengan tujuan melindungi kultur ilmiah para filsof
yang mendapat serangan hebat dari kelompok puritanisme yang berlindung dibalik
argumen argumen yang dikembangkan oleh Al Ghozali yang terkenal di dunia Timur
sebagai Hujjatul Islam (Argumentator Islam) dan Mujaddid (Revolusioner)
dibidang pemikiran keagamaan dan mendapatkan kultus sebagai orang suci
dikalangan Umat Islam.
Tapi fokus kita pada pembahasan ini tidak
hendak mengulas kembali pertentangan kedunaya,tapi menganalisis antar Ibnu Ruyd
dan menggejalanya rasionalisme sehingga meninggalkan ajaran Theis dan berubah
menjadi Atheis yang berbentuk gejala Avveroisme atau Ruydian yang menggejala
pada abad 8 -16 Masehi sampai akhirnya menyebabkan pencerahan (Renains)
di Eropa dan membawa peradaban baru yang tidak pernah terjadi di Abad-abad
sebelumnya di dunia ini.
***
Untuk bagin ini akan kami ulas panjang dan demikianlah analisis kami pada pengantar ini.Mohon koreksinya.Terima kasih.
Tunggu bagian 2
Pada bagian dua kami masih mengula tentang aspek aspek yang berkaitan dengan bagian pertama tapi pada bagian kedua dapat dikatakan kami masih fokus pada tokoh cek di IBNU RUSYD DAN GEJALA ATEISME-SEBUAH ANALISIS bag 2
Pada bagian dua kami masih mengula tentang aspek aspek yang berkaitan dengan bagian pertama tapi pada bagian kedua dapat dikatakan kami masih fokus pada tokoh cek di IBNU RUSYD DAN GEJALA ATEISME-SEBUAH ANALISIS bag 2
Title : IBNU RUSYD DAN GEJALA ATEISME-SEBUAH ANALISIS bag 1
Description : Patung Ibnu Rusd di Spanyol sebagai bentuk penghargaan Pada abad pertengahan ,ketika abad 5 – 8 M sebagian besar Erop berada dala...
Description : Patung Ibnu Rusd di Spanyol sebagai bentuk penghargaan Pada abad pertengahan ,ketika abad 5 – 8 M sebagian besar Erop berada dala...
0 Response to "IBNU RUSYD DAN GEJALA ATEISME-SEBUAH ANALISIS bag 1"
Posting Komentar